Sabtu, 05 Januari 2013

mobil listrik dahlan iskan terbaru


Yogyakarta - Dengan harga Rp 1,5 miliar, pasti menyulitkan banyak orang untuk membeli mobil listrik sport sekelas Tucuxi. Namun rupanya pencipta Tucuxi, Danet Suryatama sudah bersiap merilis mobil yang lebih murah.
“Kita nanti bisa membuat jenis varian yang lebih murah sekitar harga Rp 100-200 juta,” ujar Danet Suryatama kepada detikOto, di Yogyakarta, Jumat (12/10/2012).
Tucuxi yang saat ini tengah disiapkan sudah memasuki proses akhir. Dari namanya, Tucuxi berarti lumba-lumba.
“Silakan dicek di Google, itu salah satu nama lumba-lumba air tawar yang hampir punah,” ujarnya.
Tapi kedepannya, lanjut Danet akann dibuat varian yang menggunakan nama Indonesia. Apakah varian bernama Indonesia itu yang akan memiliki harga lebih murah belum dijelaskan Danet.


Jogja Bakal Produksi Ratusan Mobil Listrik

JOGJA—Ratusan mobil listrik kelas premium besutan ahli elektrik Danet Suryatama akan diproduksi di Jogja. Danet sebelumnya dipercaya Menteri BUMN Dahlan Iskan memproduksi mobil listrik menyusul tren penghematan bahan bakar minyak yang digaungkan pemerintah.
Dr lulusan Michigan University USA itu sebelumnya telah diminta untuk membuat 25-40 mobil listrik. Kebanyakan yang memesan mobil berharga Rp1,5 miliar ini adalah kalangan pejabat negara termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Setelah pesanan puluhan mobil ini selesai, Danet berencana memproduksi lagi mobil sekelas Ferrari itu namun jumlahnya terbatas.
Danet menargetkan memproduksi 300-400 mobil listrik serupa untuk dijual ke masyarakat umum. Produksi mobil ini bakal dilakukan di Jogja usai Danet menyelesaikan pesanan 40 mobil yang sudah masuk. Danet yang merupakan ahli elektrik itu menggandeng pabrik reparasi mobil Kupi-Kupu Malam yang terletak di Bilangan Jambon, Trihanggo, Sleman.
Pengerjaan satu buah mobil diperkirakan memakan waktu satu bulan. “Rencananya masih akan produksi 300-400 mobil lagi tapi limited. Kalau mobil pesananya Pak Dahlan memang agak lama karena terkendala cukai pengiriman baterai. Tapi sekarang kami tengah mencoba memproduksi sendiri baterainya. Paling satu mobil hanya satu bulan,” tuturnya Jumat (12/10/2012) kepada wartawan.
Kendati harganya kurang lebih sama, namun spesifikasi mobilnya menurutnya akan berbeda tergantung permintaan konsumen. Sebab mobil ini tak tergolong produk massal seperti mobil-mobil yang dijual di pasaran saat ini. “Pasti nggak akan sama semua desainya, tergantung permintaanya seperti apa,” kata lelaki kelahiran Surabaya itu.

Mobil Listrik Murah Muncul 3-4 Bulan Lagi


Jakarta - Pencipta mobil listrik super Tucuxi, Danet Suryatama, tengah menyiapkan mobil listrik lain yang berharga lebih murah.
“Mobil murah dalam waktu dekat 3-4 bulan ke depan, kita akan tunjukkin mobil murah ke Pak Dahlan (Menteri BUMN Dahlan Iskan),” ujar Danet Suryatama kepada detikOto, Sabtu (13/10/2012).
Mobil murah itu diperkirakan akan seharga Rp 100-200 jutaan. “Kita nanti bisa membuat jenis varian yang lebih murah (mobil listrik) sekitar harga Rp 100-200 juta. Itu untuk masyarakat banyak,” ujarnya.
Belum ada bocoran spesifikasinya.
Sementara untuk Tucuxi yang dijual seharga Rp 1,5 miliar hanya dibuat dalam jumlah sedikit atau terbatas,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar